Semester ini merupakan semester harapan sebagai semester terakhir saya sebagai mahasiswa dan menjalani perkuliahan terakhir saya secara formal.

Di awali dengan pencarian ide atau topik Tugas Akhir. Pada awalnya saya ingin membuat aplikasi berbasis web untuk touch devices, jadi aplikasi web yang bisa dijalankan pada touch devices, seperti Apple iOS dan Android. Sempat konsultasi dengan dosen wali sekaligus dosen yang menangani masalah di keluar E-Biss, salah satu bidang minat di Sistem Informasi.

Sebenarnya bapaknya telah mengajukan 2 topik tugas akhir, satu tentang aplikasi diatas, keduda mengembangkan aplikasi yang sudah dikerjakan oleh senior tentang traffic report tapi dengan teknologi yang berbeda, yakni dengan google map.

Namun setelah beberapa hari melakukan berbagai pertimbangan mengenai dua hal tersebut, diputuskan saat itu saya memilih topik yang pertama, membuat aplikasi web untuk touch devices. Pada awalnya, saya sangat excite dengan teknologi baru ini, yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan yang sudah lama berkecimpung dalam dunia javascript library server, sencha yang sebelumnya adalah extjs.

Lalu kemudian berlanjut pada pemikiran untuk implementasi kode aplikasi ini. Sencha touch merupakan cara baru yang dilakukan untuk membuat aplikasi web, tapi terlihat native di touch devices. Saya mengalami kesulitan dalam dokumentasi dan contoh – contoh pengembangan yang nantinya akan harus saya jalani. I’m stuck again..

Akhirnya kepikiran dengan Kerja Praktek (KP) yang kemaren saya lakukan di Provinsi saya. Terpikir bagaimana itu saja yang saya kembangkan dengan fitur dan fungsional yang lebih lengkap. Ya.. akhirnya beralih menjadi PPSI ( Perencanaan dan Pengembangan Perangkat Lunak). Saya akan merancang dan membangun aplikasi SMS Gateway untuk aplikasi perpustakaan Senayan Library.

Perjalanan selanjutnya fokus pada PPSI dan SMS Gateway serta Senayan Library.