Tidak tau harus memulai dari mana sebaiknya, saya mencoba menuliskan apa saya ingin tulis malam ini. Running Man adalah sebuah acara TV-Show yang ada di Korea sana, acaranya merupakan acara yang menurut saya sangat kreatif dan perlu tantangan besar bagi produsernya. Dalam setiap episode memilki cerita dan tantangan yang berbeda-beda, kadang tergantung dengan kondisi yang ada dilapangan saat shooting acara tersebut berlangsung.

Running Man saat ini memiliki anggota tetap yang berjumlah delapan orang (katanya ada yang keluar baru-baru ini), yang bermain dalam setiap episode. Dalam kebanyakan episode yang ada, selalu ada guest yang diundang agar game-game yang menjadi lebih seru dan lebih meriah dengan datangnya guest tersebut. Guest yang diundang semuanya orang yang berkecimpung didalam dunia entertainment, mulai dari aktor dan aktris, penyanyi dan sebagainya.

Dalam setiap episode yang saya tonton, selalu membuat saya tertawa, kadang malah terpingkal-terpingkal karena saking lucunya atau malah konyolnya apa yang mereka lakukan. Juga tidak ketinggalan efek-efek yang mengingatkan pada sebuah akting di sebuah drama atau konser musik korea. Semuanya dibungkus dalam kemasan yang menarik dan fun.

Running Man sering bertempat atau ber-temakan dengan sesuatu yang menyangkut dengan budaya atau kultur mereka. Ini merupakan part yang sangat saya senangi, setelah melihat beberapa episode yang ada (tentunya telah di sub). Mereka pernah melakukan shooting di Museum National Korea, Gedung Science National Seoul, Pusat Kebudayaan, Pasar/ Mall terkenal, Bahkan juga pasar tradisional, serta banyak lagi tempat- tempat yang bisa memancing orang untuk lebih mengenal bagaimana Korea. Ini merupakan promosi Nasional yang sangat efektif dalam menggaet turis lokal maupun turis international. Bagaimana dengan negara kita mempromosikan budaya dan kultur kita yang sangat beraneka ragam ini ? Entahlah..