Hari ini Kamis, seperti biasa saya akan masuk 10 jam pelajaran secara total hari ini disekolah, 6 jam di Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di MA dan 4 jam di Program Teknologi Komputer, pada siang hari. Berangkat dari rumah dibelakang sekolah, lebih kurang menghabiskan setengah batang rokok agar sampai ke sekolah.

Sampai di workshop, tempat dimana para guru bermarkas. Siswa sudah berkumpul untuk mendapatkan sarapan tambahan pagi berupa kosa kata baru dalam bahasa indonesia atau arab, saling bergantian. Melakukan ceklog di kantor, meletakan tas (seperti mahasiswa saja), pasang sepatu (oya.. saya menggunakan sendal untuk berangkat dari rumah ke sekolah, jalanan lumayan terjal dan mendaki, perlu tenaga ekstra untuk membawa motor, apalagi kalau ada tambahan dengan guyuran hujan, mantap jaya kalau bahasa saya), dan masuk ke kelas pagi langsung, jam pertama. Asoy.. kan.

Kelas XB, ya. Kelas ini yang saya masuk pada jam pertama. Masuk ke kelas, dimulai dengan do’a dan salam. Lalu saya mengambil komando dikelas ini, setidaknya untuk 2 jam pelajaran kedepan, jam 08.30.

Apa yang menarik hari ini?,  Ada. adalah dimana saya memulai pelajaran ini dengan memberikan “sedikit” motivasi tentang Teknologi ataupun umum, dimana hal ini sesuai dengan apa yang tertulis didalam RPP. Ada yang tau RPP?, yak. Rencana Program Pembelajaran. Sesuai dengan ketentuan Dinas Pendidikan, wajib bagi Pengajar.

Dua kelas hari saya mulai dengan “motivasi saya”, kelas XB dan XI IPS, kira-kira memakakan waktu 10 sampai 15 menit, cukup lumayan juga, tapi kelihatannya mendapat dukungan dari pendengar. Berharap memang adek-adek yang saya didik bisa menjadi lebih termotivasi dan terinspirasi sehingga menjadi lebih baik, baik dari segi pembelajaran (belajar) dan moral tentunya.

Yah, semoga apa yang saya mulai hari ini akan tetap bisa lakukan pada pertemuan-pertuman berikutnya di kelas-kelas super lainnya. Teringat saya kata Pak Anies Baswedan :

Mendidik adalah tugas setiap orang terdidik.